TRIBRATANews, Tanjung Selor — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Utara terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan semangat “Hadir untuk Negeri”, Ditlantas Polda Kaltara berupaya menghadirkan sosok polisi lalu lintas yang humanis, tegas, dan responsif di tengah masyarakat.
Rabu (8/10/2025).
Sebagai bentuk inovasi pelayanan publik, Korlantas Polri menginisiasi program “Polantas Menyapa”, sebuah gerakan yang membuka ruang interaksi seluas-luasnya antara polisi lalu lintas dan masyarakat. Program ini menjadi jembatan komunikasi dua arah yang konstruktif, di mana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, keluhan, maupun kebutuhan terkait pelayanan lalu lintas secara langsung kepada personel Polantas.
Di lingkungan Polda Kalimantan Utara, kegiatan Polantas Menyapa dilaksanakan dengan berbagai bentuk edukasi publik, salah satunya melalui pembagian brosur dan sosialisasi di tempat pelayanan BPKB dan Samsat bersama. Materi sosialisasi mencakup mekanisme registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, serta informasi tentang pengurusan SIM, STNK, dan BPKB.
Selain memberikan edukasi, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan emosional dan membangun kepercayaan antara Polantas dan masyarakat.
“Dengan pendekatan yang lebih komunikatif dan edukatif, Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltara berkomitmen untuk benar-benar hadir melayani masyarakat,” ujar Kombes Pol M. Syarhan, S.I.K., M.H., selaku Dirlantas Polda Kaltara.
Kegiatan Polantas Menyapa disambut antusias oleh masyarakat. Banyak warga merasa terbantu dalam memahami tata cara registrasi dan identifikasi kendaraan.
“Senang ada kegiatan seperti ini, jadi tidak sungkan bertanya kepada petugas. Penjelasannya juga mudah dimengerti,” ujar salah satu wajib pajak yang hadir.