Tribratanews Polda Kaltara

Jelang Ramadhan, Personel Gabungan Gelar Razia di THM

TANJUNG SELOR, Polresta Bulungan – Personel gabungan, yakni Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan bersama personel gabungan lainnya, di antaranya POM TNI melaksanakan razia dalam rangka cipta kondisi (cipkon) jelang bulan suci Ramadhan dengan menyasar tempat hiburan malam (THM) di wilayah hukum Polresta Bulungan, Sabtu malam (18/3/2023).

Adapun, giat diawali dengan dilaksanakannya apel tim gabungan di lapangan Mapolresta Bulungan yang dipimpin oleh Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H didampingi Kabag Ops Polresta Bulungan Kompol Kemas Zein Errie Limantara., S.IP., S.I.K, dengan diikuti sejumlah perwira di Polresta Bulungan.
Kapolresta Bulungan dalam arahannya pada apel tersebut menyampaikan, pada pelaksanaan razia oleh personel gabungan ini. Menurutnya, memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya menjelang pelaksanaan ibadah bulan suci Ramadhan. Sehingga diharapkan nantinya umat muslim yang menjalankan ibadah bulan suci tersebut dapat merasa aman dan nyaman. Atau tindak adanya gangguan apapun.
Meski, lanjutnya, tak ditampik perihal pelaksanaan razia yang digelar ini potensi bocor. Tetapi, menurut orang nomor satu di Polresta Bulungan ini. Hal tersebut tidak mengurungkan pelaksanaan razia pada malam tersebut. Alasannya, karena capaian kegiatan ini bukan pada mencari sebuah hasilnya dahulu. Melainkan, bagaimana prosesnya telah terlaksana. Disamping hal ini memang menjadi sebuah kewajiban di institusi yang dinakhodainya ini.
“Tapi, saran saya tatap jalankan secara serius dan sungguh – sungguh. Tak usah berkecil hati sekalipun hasil di lapangan tidak sesuai diharapkan. Karena ini potensi sudah bocor. Tetap, di lapangan juga jalankan sesuai SOP, hindari sikap arogan,” pesan Kapolresta Bulungan pada apel tersebut.
Sementara, Kabag Ops Polresta Bulungan menambahkan, pada pelaksanaan razia dibagi menjadi dua tim. Sasarannya benar pada THM di wilayah hukum Polresta Bulungan. Kewajiban petugas kepolisian dan tim gabungan lainnya adalah bagaimana memastikan pengecekan identitas dari para pengunjung. Kemudian, izin tempat usaha atau THM tersebut.
“Lalu, mengenai penjualan miras (minuman keras). Apakah di THM tersebut sudah memiliki izin secara legal. Apabila tidak, maka bisa dilakukan penyitaan miras. Termasuk, pengunjung yang tak memiliki identitas wajib dibawa ke Mapolresta Bulungan,” beber Kabag Ops.
Akhirnya, pasca apel pun razia dilakukan oleh personel gabungan yang telah dibagi dua tim tersebut. Razia dengan menyasar ke THM, diketahui sejumlah THM sudah mengikuti sejumlah aturan. Mulai dari izin tempat usaha hingga penjualan mirasnya. Meski, terdapat beberapa di antaranya didapati masih dalam proses perizinan. Tetapi, dengan ditunjukkan bukti – bukti tersebut sehingga pihak kepolisian dan personel gabungan lainnya tidak sampai melakukan penyitaan. (Hms_Polresta)