Tribratanews Polda Kaltara

Sambangi Desa Binaan, Tugas Rutin Personel Bhabinkamtibmas Polsek Malinau Selatan

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) merupakan ujung tombak Kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat hingga ke Desa-desa guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

 

Salah satunya, Bhabinkamtibmas Polsek Malinau Selatan Bripka Sulhanuddin melakukan sambang dirumah-rumah warga, Sabtu (03/12).

Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K. melalui Kapolsek Malinau Selatan Ipda Jouwes Royen membenarkan bahwa Kegiatan Bhabinkamtibmas sambang wilayah menyempatkan diri untuk menjumpai warganya sekaligus menyampaikan pesan – pesan serta himbauan kamtibmas kepada warga. memberikan himbauan kepada warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap situasi perkembangan di lingkungan.

 

Salah satunya dilakukan dengan cara mengajak masyarakat Desa untuk bersama-sama membantu Polri dalam menciptakan situasi desa yang aman dan kondusif.

Kegiatan sambang desa ini rutin dilaksanakan oleh seorang bhabinkamtibmas di wilayah desa binaannya setiap hari bertujuan sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat juga memberikan pesan-pesan kamtibmas diantaranya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak kriminal, serta sebagai Problem Solving ditengah masyarakat.

 

“Sambang dan dialogis yang kita lakukan ini sangat bermanfaat, karena disamping kita silaturahmi dan selalu mendekatkan diri dengan masyarakat di Desa,” ujarnya.

Selain itu juga Kapolsek menjelaskan “Apabila ada seseorang yang mencurigakan untuk tidak ragu melapor ke pihak Kepolisian“. Kedatangan Bhabinkamtibmas dalam hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna menciptakan suatu wilayah hukum Polsek Malinau Selatan yang aman dan kondusif.