Tribratanews Polda Kaltara

Polda Kaltara Resmikan ETLE, Tarakan Menjadi Kota Pilot Project, Peresmian Perdana Disaksikan Kapolri

TARAKAN – Momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Ditlantas Polda Kaltara meresmikan Electornic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang diselenggarakan di Gedung B Ex Command Center.

Launching perdana ini turut disaksikan langsung bersama dari Command Center Mako Polres Tarakan dan disiarkan secara live dalam Program Editorial Pagi Kaltara bersama Tarakan TV, Kamis (22/9/2022).
Launching ETLE perdana ini juga disaksikan secara langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, seluruh Kapolda, serta Dirlantas Seluruh Indonesia.

Dikatakan Dirlantas Polda Kaltara, Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi, S.I.K.,M.H, melalui Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kaltara, Kompol Eko Nugroho, S.I.K, per hari ini, Polda Kaltara akhirnya memiliki ETLE. Artinya Polda Kaltara melengkapi seluruh Polda yang ada di Indonesia resmi dan lengkap memiliki ETLE.

“Polda Kaltara belum ada Etle, hari ini alhamdulillah sudah bisa launching, sudah bisa berdiri dan seluruh Polda dari 34 Polda di Indonesia sudah launching semua,” ungkap Kompol Eko Nugroho.
Kompol Eko Nugroho juga turut memperagakan langsung di hadapan Kapolri bagaimana ETLE di Kaltara.
Bercerita perjalanan ETLE untuk bisa ditampilkan di Korlantas seluruh Kapolda dan Dirlantas Indonesia, perjuangannya tidak mudah.
“Bukan hanya mampu mendirikan ETLE, tapi salah satu penilaian dari Korlantas, ada beberapa item yang benar-benar harus diperhatikan mulai kesiapan back office, front office, kelengkapan seperti ETLE statis, aktivasi, kualitas kamera menjadi salah satu penilaian sehingga kita di Kaltara ikut ditampilkan,” beber Kompol Eko Nugroho.

Dari delapan Polda terakhir yang di-launching, dari sisi kesiapan, Kaltara masuk dan live ditampilkan. Temanya berkaitan kolaborasi antara Direktorat Polda bersama Gubernur Kaltara.

“Saya lihat membangun Kaltara tidak masing-masing. Ada sinergitas dan kolaborasi terlihat. Sehingga apa yang menjadi tugas pimpinan, kami dapat melaksanakan tugas sesuai dengan yang diarahkan dan tidak sulit,” bebernya.

Berbicara ETLE di Kaltara, lanjutnya, Kota Tarakan menjadi kota yang ramai dan padat sirkulasi kendaraan. Selain itu dengan kepadatan potensi tingkat pelanggaran tinggi sehingga Kota Tarakan yang diutamakan penerapan ETLE.

“Kemudian tingkat jaringan, karena jaringan yang dipakai ETLE khusus jadi kami memilih Tarakan sebagai pilot project. Menurut kami di Tarakan yang tepat sebagai pilot project, rencana ke depan di 2023 akan dikembangkan ETLE ke Nunukan, Malinau, KTT, Bulungan,” papar Kompol Eko Nugroho.
Dan lanjutnya, pihaknya sudah mengajukan anggaran ke Korlantas Polri terkait pengembangan ETLE.
“Pak Kapolri dalam amanatnya pada saat acara HUT ke-67 Lalu Lintas memerintahkan pak kakorlantas untuk berkoordinasi dengan Asrena Kapolri guna pengadaan ETLE tambahan ditahun anggaran 2023, InsyaAllah polda Kaltara akan mendapatkan penambahan. Setidaknya ETLE mobile,” ungkapnya.
Perlu disampaikan kepada warga Tarakan dan Kaltara, ETLE ada dua jenis. Pertama kamera statis atau di tempat dan beroperasional 24 jam tanpa berhenti, dan yang kedua kamera ETLE mobile Handheld yang dibawa anggota saat melaksanakan tugas patroli.
“Kamera ETLE statis yang dipasang di kota Tarakan terbagi menjadi dua. Pertama kamera ETLE statis check point. Kamera yang bisa menembus kaca, mendeteksi pelanggaran sifatnya perilaku dari pengendara contoh main handphone sambil menyetir dan tidak menggunakan seat belt, tindak pidana yang terjadi di dalam kendaraan dan pelanggaran lainnya, kamera ETLE statis bekerja 24 jam nonstop,” bebernya.
Kemudian selanjutnya, kamera ETLE statis E-Police berfungsi menangkap pelanggaran marka jalan, melanggar lampu merah, tidak pakai helm, plat palsu dan pelanggaran lainnya.

“Ketika ada pelanggaran masuk dalam database dan dicetak kemudian nanti dikirimkan surat konfirmasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Eko menuturkan Untuk diketahui masyarakat provinsi Kalimantan utara bahwa saat ini operasional ETLE di kota Tarakan masih dalam tahap sosialisasi dan peningkatan sistem kamera. Dengan harapan di bulan November tahun 2023 ini sistem ETLE Sudah mulai di terapkan guna penegakan hukum pelanggaran lalulintas berupa tilang.
Rangkaian HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, sekaligus dilakukan launching ETLE pertama di Kaltara dari Command Center Polda Kaltara dan disaksikan dari Command Center Mako Polres Tarakan, Kamis (22/9/2022). HUMAS POLRES TARAKAN

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kaltara, Kompol Eko Nugroho, S.I.K dalam kegiatan wawancara khusus Program Editorial Pagi Kaltara live di Tarakan TV. DOKUMENTASI HUMAS POLRES TARAKAN