Tribratanews Polda Kaltara

PJU Polres Bulungan Hadiri Acara Tulak Bala di KTT

MENGHADIRI : Mewakili Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, Pejabat Utama (PJU) Polres Bulungan menghadiri acara tulak bala bulan safar yang merupakan tradisi dan budaya adat tidung di Kabupaten Tana Tidung, Rabu (21/9/2022).

TANJUNG SELOR, Polres Bulungan – Mewakili Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, Pejabat Utama (PJU) Polres Bulungan, terdiri dari Kapolsek Sesayap Ipda Abu Suhudi dan Kapolsek Sesayap Hilir Ipda Agung Wahyudi menghadiri secara langsung acara tulak bala bulan safar yang merupakan tradisi dan budaya adat tidung di Kabupaten Tana Tidung, Rabu (21/9/2022).

Diketahui, pada acara itu pun ternyata sekaligus memecahka rekor MURI (Museum Rekor Dunia – Indonesia) dengan ketupat/imbiyuku terbanyak yang jumlah 65.693 imbiyuku.

Acara yang berlangsung tepatnya di Pelabuhan Kramat, Desa Limbu Sedulun, Kabupaten Tana Tidung pertama dilaksanakan pembacaan risalah tulak bala. Tradisi tulak bala menjadi tradisi turun-menurun. Kegiatan tersebut selain digelarnya pembacaan doa, yaitu mandi safar atau mandi salamun dengan harapan seluruh penyakit bisa dibawa oleh air tersebut.

Tulak bala di sini artinya menolak bala dan dijauhakan oleh bala jangan sampai ada musibah di diri kita. Tujuan dilaksanakan tulak bala ini untuk melastarikan budaya di Kabupaten Tana Tidung dan etnis di daerah ini. Dengan harapan tulak bala menjadi potensi yang baik ke depan dan agar kita semua terhindar dari bala dan musibah.

Selama jalannya acara, personel kepolisian melaksanakan pengamanan. Hingga pada akhir acara berjalan dengan aman dan lancar. (HmsResbul)