Tribratanews Polda Kaltara

Itwasda Polda Kaltara Sosialisasikan Pengaduan Secara Online ke Tokoh Adat dan Ketua RT di Nunukan

Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Kaltara melakukan sosialisasi Rumah Dumas Presisi (Rumdumpres) kepada Tokoh Adat, para Ketua RT dan Bhabinkamtibmas di wilayah Polres Nunukan yang dilaksanakan di Aula sebatik Polres Nunukan, Kamis (04/08/22).

Itwasda Polda Kaltara, Kombes Pol Eka Wahyudianta S.I.K., M.Si didampingi Kabid TIK Polda Kaltara Kombes Pol Budhi Rochmad. S.I.K. dan Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan rumdumpres diperuntukkan untuk mewujudkan kerja sama kemitraan Polri dengan masyarakat sebagai bentuk pengawasan masyarakat terhadap kinerja Polri dan sebagai tempat pengaduan masyarakat.

“Jadi dengan adanya aplikasi E- Dumas Presisi ini bisa menjadi wadah bagi seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pelaporan tindak pidana dan pengaduan dengan berbasis online, jadi tidak perlu ke kantor polisi lagi,” Ujar Kombes Pol Eka Wahyudianta.

Dalam pelaksanaannya, Tokoh Adat, ketua-ketua RT, serta Bhabinkamtibmas setempat dilibatkan dan memiliki peran untuk menyampaikan laporan masyarakat kepada aparat kepolisian secara online dengan menggunakan aplikasi E- Dumas Presisi kepada aparat kepolisian.

“Ketua-ketua RT yang ada di wilayah Nunukan ini harus menjadi Stakeholder paling terdepan bagi kita dalam membantu masyarakat untuk melakukan pengaduan baik di Polsek ataupun langsung ke Polres dengan menggunakan aplikasi ini,” ungkapnya.

Diungkapkannya, Tokoh Adat maupun Ketua-ketua RT dapat menghubungi  kontak Rumdumpres melalui kontak WhatsApp dan aplikasi Instagram Rumdumpres.

Selain itu, didalam aplikasi Dumas Presisi disediakan fitur konsultasi yang mana dapat digunakan oleh masyarakat sebagai sarana untuk menyampaikan pertanyaan dan keluhan-keluhan mereka.

“Kita berharap dengan adanya Rumdumpres ini sebagai rumah aman bagi masyarakat yang ingin mencari keadilan serta sebagai tempat untuk menyelesaikan masalah.” Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Kombes Pol Tony, Wakapolres Nunukan Kompol Edy Budiarto S.H., M.H., Kasat POLPP Nunukan, Pejabat Utama Polres Nunukan, Personel Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Nunukan, Ketua TBBR Nunukan, Ketua adat dan Para Ketua RT di kab. Nunukan