Tribratanews Polda Kaltara

Melihat Terobosan Irjen Pol Daniel Adityaja,S.H., S.I.K., M.Si Pasca Dilantik Kapolri Nahkodai Polda Kaltara

Lakukan Perombakan, Tetap Dingin Tetapi Pasti

TRIBRATANews, Bulungan – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mengangkat Irjen Pol Daniel Adityajaya,SH., S.I.K., M.Si menjadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) berdasarkan Surat Telegram ST Nomor /165/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022. Pasca diangkat, berikut terobosan yang dilakukan ?

Sejak resmi menahkodai Polda Kaltara. Irjen Pol Daniel Adityajaya,S.H., S.I.K., M.Si telah menemukan hal-hal yang tidak sepatutnya terjadi dalam jajarannya di Polda Kaltara.
Ya, beberapa fungsi operasional dianggap tidak berjalan sebagaimana mestinya. Terjadinya praktek usaha ilegal maupun beberapa tindak pidana lain yang tidak tertangani dengan baik.
Akhirnya, dengan tetap dingin. Kapolda sembari terus menganalisa situasi yang ada. Hingga, memutuskan untuk melakukan pergantian pejabat dibawahnya. Alasannya jelas, yaitu untuk mampu menjalankan visi misinya sebagai orang nomor satu di Polda Kaltara.
Pertama, dengan mengangkat AKBP Hendy F Kurniawan sebagai Dir Reskrimsus menggantikan Kombes Pol Faisal Napitupulu pada sertijab, Kamis 21 April 2022 lalu.
Dengan pergantian pejabat dibawahnya ini. Irjen Pol Daniel secara langsung mempercayakan operasi senyap dengan membentuk Tim Khusus yang dipimpin oleh AKBP Hendy F Kurniawan.
Irjen Pol Daniel dengan strategi kepemimpinan yang tenang dan santun serta ramah ini. Mengakui dengan penunjukan operasi senyap kepada AKBP Hendy F Kurniawan. Hal ini berdasar sosok Dir Reskrimsus ini dikenal tegas dan cepat dalam ungkap setiap kasus besar.
Terbukti, kepercayaan melalui penunjukan itu membuahkan hasil. Tanpa menunggu waktu lama. Tepatnya, 26 April 2022, atau lima hari setelah dilantik, AKBP Hendy F Kurniawan berhasil mengamankan 165 ton penyelewengan BBM bersubsidi di sungai Sebuku, Kabupaten Nunukan.
Selanjutnya, 30 April 2022, atau sembilan hari pasca menjabat sebagai Dir Reskrimsus, kembali berhasil mengungkap praktek ilegal mining di Kecamatan Sekatak. Yaitu dengan mengamankan 5 orang, 3 ekscavator, bahan sianida dan karbon perendaman emas.
Teranyar, 4 Mei 2022, pasca 13 hari menjabat, AKBP Hendy F Kurniawan melakukan penangkapan terhadap HSB (oknum anggota Polri) yang diduga sebagai pemilik tambang emas ilegal di Sekatak.
Hingga saat ini, Tim Khusus bentukan Irjen Pol Daniel Adityajaya masih terus mengembangkan potensi pidana lain yang diduga dilakukan oleh Briptu HSB. Diantaranya penyelundupan Balpres baju bekas, TPPU serta dugaan adanya bisnis Narkoba.
Penangkapan Briptu HSB tersebut sontak membuat warga Kaltara tercengang, karena selama ini yang bersangkutan dikenal kebal hukum.
Ketenangan dan sikap santunnya Irjen Pol Daniel Adityajaya dibantu gebrakan AKBP Hendy F Kurniawan yang dikenal dengan ketegasan dan kecepatannya, dinilai berhasil memulihkan kepercayaan masyarakat Kaltara terhadap Polri.
Gebrakan demi gebrakan Tim Khusus Irjen Pol Daniel Adityajaya dalam 2 pekan mengindikasikan sedang ada momentum perubahan culture ditubuh kepolisian Kalimantan Utara.(RR)