Tribratanews Polda Kaltara

Akses Jalan Tertutup Genangan Air, Polres Malinau Berikan Makanan Siap Saji Warga Yang Terdampak Banjir

MALINAU – Akibat intensitas curah hujan yang tinggi, membuat rumah-rumah warga di beberapa Kecamatan di Kabupaten Malinau terendam banjir yang mengakibatkan meluapnya Sungai Malinau.

Air yang masih menggenang, tidak menyurutkan langkah personil Sat Samapta Polres Malinau dan Polsek Malinau Utara untuk menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban banjir di beberapa Desa di Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Minggu (22/5).

Kapolres Malinau AKBP Reza Pahlevi, S.I.K., melalui Kapolsek Malinau Utara IPDA Joko Subagyo mengatakan, pertolongan terhadap korban banjir yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang bersinergi dengan BPBD, Tagana dan warga Kabupaten Malinau.

“Paket makanan siap saji kami berikan langsung dengan mendatangi satu persatu rumah warga yang terendam banjir mengunakan perahu karet,” ujar Joko Subagyo

Lanjut Joko Subagyo, melihat situasi dilapangan sudah mulai ada akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan yang berdampak kepada warga tidak bisa belanja kemana-mana di tengah banjir ini.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu, minimal dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir,” tuturnya

Kapolsek Malinau Utara yang pada saat kegiatan berlangsung didampingi Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Urip Basuki juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak panik dan agar berhati-hati pada peralatan-peralatan elektronik dengan mengamankan arus listrik guna mencegah terjadinya konsleting arus listik serta mengawasi anak-anak disituasi banjir ini.

“Waspada dengan kondisi banjir saat ini, baik dalam pengawasan arus listrik maupun dalam mengawasi anak-anak,” pungkasnya

Selain itu, Wakapolres Malinau KOMPOL Lafrin Tambunan, S.H. juga terlihat meninjau lokasi banjir di beberapa Kecamatan di Kabupaten Malinau yang didampingi oleh Kabag Ops Polres Malinau AKP Oman Purnama Abdurrohman.

Disela-sela peninjauannya Wakapolres Malinau KOMPOL Lafrin Tambunan, S.H. menerangkan, selain wilayah Kecamatan Malinau Utara yang terendam banjir, debit air Sungai Malinau yang saat ini mengalami peningkatan dan merendam sejumlah ruas jalan yaitu di Kecamatan Malinau Barat, Malinau Kota dan Mentarang.

“Hingga saat ini personil Polres Malinau dan Polsek jajaran membantu aktivitas warga dan memonitoring perkembangan debit air yang di wilayah di Kecamatan Malinau Barat, Malinau Kota dan Mentarang,” terang Lafrin Tambunan

Berbagai tindakan yang sudah dilakukan oleh personil Polres Malinau dan Polsek jajaran yaitu membantu mengevakuasi barang-barang warga dan mengajak warga masyarakat yang masih melaksanakan kegiatan untuk segera ke tempat yang lebih aman dari genangan banjir.

#Agg