Tribratanews Polda Kaltara

Selama Ramadan, Polres Bulungan Tilang 35 Kendaraan

TANJUNG SELOR.Polres Bulungan – Selama pelaksanaan Ibadah Bulan Suci Ramadan ini. Tercatat sebanyak 35 kendaraan roda dua (R2) dilakukan penilangan oleh Polres Bulungan. Hal ini disampaikan Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar melalui KBO Sat Lantas Polres Bulungan Ipda Jumono, Kamis (14/4).

Lanjutnya, dilakukan penilangan dari puluhan unit kendaraan tersebut. Tak lain, dikarenakan saat digelarnya patroli Sat Lantas bekerjasama Tim Samapta Polres Bulungan. Terdapat beberapa pelanggaran lalu lintas yang ditemui petugas di lapangan. Oleh karenanya, selain penilangan, penyitaan kendaraan dengan dibawa ke Mako Polres Bulungan pun dilakukan. “Kendaraan – kendaraan ini semua adalah hasil dari penilangan saat patroli Ramadan ini. Tercatat ada sebanyak 35 unit kendaraan di Mako Polres Bulungan ini,’’ kata Ipda Jumono sembari menunjukkan beberapa unit kendaraan yang ditilang dan disita tersebut.

Lebih lanjutnya, mengenai jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara sampai dilakukan penilangan. Disebutkannya bahwa dari tidak adanya kelengkapan surat kendaraan, knalpot racing, tidak mengenakan helm serta pengendaranya yang masih di bawah umur. Sehingga tindakan tegas oleh kepolisian dilakukan guna mencegah terjadinya sesuatu hal yang tak diinginkan bersama. “Tujuan mengapa harus kami sita kendaraannya. Ya, karena jangan sampai aksi pelanggaran lalu lintas itu terulang. Rata – rata pelanggaran yang mereka lakukan itu dari tidak adanya kelengkapan surat kendaraan, knalpot racing, tidak mengenakan helm serta pengendaranya yang masih di bawah umur,’’ sebutnya secara rinci saat ditemui di Mapolres Bulungan.

Lalu apakah dari kendaraan yang disita merupakan pelaku balap liar? Ipda Jumono dalam hal ini mengaku belum dapat memastikannya. Pasalnya, saat proses penindakan dilakukan, pengendara tidak dalam aksi balap liar. Namun, potensi terjadinya balap liar itu tetap ada. Sehingga sejak dini antisipasi maraknya balap liar ini dilakukan jajaran Polres Bulungan. “Bentuk antisipasi di sini yaitu dengan terus menggelar patroli. Mulai pukul 15.00 wita – 04.30 Wita. Dengan personel patroli sebanyak 5 orang dari Sat Lantas dan 4 personel dari Samapta Polres Bulugan,’’ jelasnya.

Tambahnya, titik – titik yang diantisipasi akan terjadinya aksi balap liar. Yaitu salah satunya di Jalan Sengkawit, Tanjung Selor. Tetapi, mengenai balap liar itu sendiri. Diakuinya sampai saat ini belum ada ditemuinya secara langsung. Hanya, potensi terjadinya balap liar di jalan – jalan tersebut tetap ada. “Untuk itu patroli terus dilakukan sepanjang Ramadan ini. Hingga akhirnya daerah ini ke depannya dapat benar – benar terbebas dari aksi balap liar itu sendiri,’’ harapnya. “Aksi balap liar ini tentu memang marak terjadi di momen Ramadan. Apabila ditemui dan terbukti penindakan tegas akan dilakukan,’’ timpalnya mengakhiri.