Tribratanews Polda Kaltara

Sambut Idul Fitri , Polres Tarakan Tempatkan Personel Di Posyan dan Pospam

Tribratanews, Tarakan – Kepolisian bersama unsur instansi lainnya mulai melakukan persiapan guna menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Persiapan ini mencangkup pengawasan terhadap pangan yang terindikasi mengalami lonjakan harga.

Kapolres Tarakan, AKBP Taufik Nurmandia menerangkan nantinya akan menempatkan Pos Pelayanan (Posyan) sebanyak 3 titik dan Pos Pengamanan (Pospam) pada 2 titik.

“Personel Polres Tarakan yang terlibat sprint ada sekitar 100 personel, nanti 3 Posyan ada di Bandara Juwata, Pelabuhan Malundung dan SDF. Kemudian 2 Pospam di Gusher sebagai pusat perbelanjaan dan Amal yang biasa dijadikan tempat wisata masyarakat,” ucapnya, Sabtu (23/4/2022).

Pihaknya juga bersinergi dengan instansi lainnya seperti TNI, Basarnas Kota Tarakan, Satpol PP Kota Tarakan, Jasa Raharja, KSOP Tarakan dan lainnya.

“Nanti dari pihak lainnya juga ada menyiapkan kemungkinan 12 atau 15 personel. Kalau atensi ya masih sama kan Covid belum berakhir, kita juga antisipasi di Pandemi ya,” tegas Taufik.

Disinggung soal pengawasan pangan, perwira melati dua itu mengaku hingga saat ini masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tarakan serta Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DKUMP) Kota Tarakan.

Sepanjang pantauannya, stok pangan di Tarakan melebihi dari cukup. Bahkan minyak gorengpun saat ini sudah tidak sulit lagi untuk didapatkan.

“Sejauh ini belum ada kelangkaan, di Tarakan pun stoknya mengalahkan provinsi sudah melimpah dan tidak ada kelangkaan juga,” tandas nya.

Terpisah, Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes juga mengutarakan hal yang sama. Penempatan pos di titik-titik rawan tersebut guna mengantisipasi euforia yang berlebihan di kalangan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri.

“Tahun ini pembatasan sangat longgar, jadi sesuai arahan Polri ada 85,5 juta pemudik yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tentu implikasi kemacetan, kecelakaan itu juga ada. Tidak lupa juga kita tetap anjurkan protokol kesehatan serta vaksinasi yang paling penting,” tutup Wali Kota.