Rabu, 20 Januari, 2021 8:04 AM
Tribratanews Polda Kaltara

Polda Kaltara Fasilitasi Pembentukan Forum Kerukunan Antar Suku di Provinsi Kaltara

Tribratanews,Tanjung Selor – Polda Kaltara melalui Dit Binmas Polda Kaltara melaksanakan pertemuan dan pembentukan kepengurusan Forum Kerukunan Antar Suku (FKAS) Provinsi Kaltara. Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Ketua DPRD Provinsi Kaltara Norhayati Andris dan para tokoh masyarakat.

“Hari ini kita laksanakan pertemuan tokoh se-Kaltara dalam rangka pembentukan kepengurusan forum kerukunan antar suku Provinsi Kaltara,” ungkap Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit SH, Senin 27/7/2020.

Kata Kapolda, forum ini untuk mewadahi semua suku atau adat yang ada di Kaltara, agar bersatu untuk membantu dan mendukung berjalannya pemerintahan Provinsi Kaltara. Dalam menyelenggarakan semua kegiatan yang terkait dengan suku atau adat secara bergotong royong.

“Tetap mempedomani ketentuan yang berlaku untuk persatuan dan kesatuan NKRI, dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Provinsi Kaltara,” jelasnya.

Jenderal bintang dua ini menuturkan, forum kerukunan antar suku ini berasaskan empat konsensus dasar bangsa. Yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Jadi forum kerukunan antar suku ini bersifat independen, hubungan forum kerukunan antar suku provinsi dengan forum kerukunan antar suku kabupaten kota bersifat konsultatif dan koordinatif,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembentukan organisasi ini bertujuan untuk memelihara dan mengembangkan kerukunan antar suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Jadi dalam forum kerukunan antar suku Provinsi Kaltara dapat memberikan saran dan pendapat dalam merumuskan kebijakan pemberdayaan kerukunan dan kesejahteraan kepada suku dan adatnya,” jelasnya.

Terlebih sebentar lagi Kaltara aja  menyelenggarakan Pilkada serentak. “Untuk itu saya selaku Kapolda melalui kegiatan ini mengajak seluruh eleman masyarakat Kaltara yang terdiri dari berbagai suku untuk secara bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif agar Pilkada serentak di wilayah Kaltara berlangsung aman,” pungkasnya.